Beberapa Gangguan yang Kerap Terjadi Pada Rahim

Uterus atau rahim merupakan organ atau bagian tubuh perempuan yang paling penting. Rahim memiliki fungsi sebagai tempat tumbuh kembang janin dari mulai proses pembuahan hingga lahir sebagai bayi. Namun terkadang tidak semua rahim wanita itu normal, terkadang beberapa di antara wanita mengalami  kondisi rahim yang bermasalah meskipun setiap wanita menginginkan rahim yang sehat dan subur.

Adanya Gangguan  Rahim yang Bermasalah

rahiam barmasalah

Keinginan untuk memiliki anak setelah menikah adalah imipian kebanyakan pasangan suami istri. Namun apabila salah satu atau kedua pihak, antara suami dan istrinya mengalami infertilitas atau yang sering dikenal dengan nama mandul hal tersebut memungkinkan seorang istri sulit untu hamil.

Namun, hal tersbeut bukanlah sesuatu yang tidak dapat disembuhkan. Untuk memperoleh kepastian mengenai hal tersebut sebaiknya Anda dan pasangan Anda segera memeriksakan diri ke doketr kandungan terkait kondisi organ reproduksi.

Sementara itu, di bawah ini terdapat beberapa gangguan rahim penyebab sulit hamil yang perlu Anda ketahui:

1. Fibroid Rahim

Fibroid rahim merupakan salah satu gangguan pada rahim. Hal ini terjadi pada sel yang tidak normal pada rahimyang bermasalah. Fribroid rahim itu sendiri juga dikenal dengan nama uterus fibroid, miom, dan fibromioma.

Kondisi rahim yang seperti ini biasanya tumbuh di luar dinding rahim atau di dinding otot rahim. Gejala umum yang terjadi pada saat seseorang mengalami hal tersebut pada umumnya sering terjadi pada saat-saat kecil dan nyeri hebat saat menstruasi.

Maka, supaya Anda mengetahui apakah Anda mengalami masalah seperti ini pada rahim, maka  harus memeriksakannya menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk melihat lebih detailnya.

2. Hidrosalping

Hidrosalping merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh rahim yang bermasalah. Selain itu, penyakit tersebut merupakan salah satu yang dapat menghambat kehamilan. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya pembengkakan pada saluran tuba falopi yang berisikan cairan toksik yang bercampur nanah.

dalam banyak kasus, penyakit hidrosalping ini disebabkan oleh adanya infeksi menular seksual (IMS). Contohnya, gonore yang tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Sehingga hal ini dapat merusak saluran tuba. Untuk waktu penyembuhannya sangat membutuhkan waktu yang lama, yakni sekitar 2 hingga 3 tahun.

3. Endometriosis

Penyakit endometriosis ini juga dikenal dengan sebutan kista endometriosis. Kista yang satu ini pada umumnya tumbuh di bagian ovarium wanita. Bagi wanita yang mengalami penyakit tersebut, gejalanya yang akan terjadi di antaranya adalah sakit yang tidak tertahankan saat wanita sedang menstruasi.

Selain itu, gangguan kista yang disebabkan rahim yang bermasalah ini akan menghalangi proses masuknya sperma ke indung telur. Sehingga bisa menyebabkan wanita susah hamil. Satu-satunya cara untuk mengobatinya ialah dengan pembedahan.

4. Gangguan pada Mulut, Leher, Serta Bentuk Rahim

Gangguan pada mulut, leher, dan bentuk rahim juga merupakan penyebab rahim yang bermasalah sehingga pada wanita yang mengalaminya akan sulit mendapatkan keturunan. Penyebab utamanya adalah  terdapat gangguan pada mulut rahim, yang dipicu oleh sumbatan yang ada di leher rahim beserta lendir pada mulut rahim yang tidak normal. Akhirnya hal ini pun mengakibatkan  lendir menjadi terlalu kental dan mengakibatkan sperma terhambat saat tersalurkan ke rahim.

Itulah beberapa gangguan yang kerap terjadi akibat rahim yang bermasalah. Tanda-tanda yang muncul akan berbeda-beda tergantung dari penyakit apa yang diderita. Biasanya hal tersebut  ditandai dengan sakit perut yang tak tertahankan pada saat masa haid, keputihan yang tidak normal, dan gejala lainnya.

2019-05-25T10:35:27+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!