Risiko Kesehatan Melahirkan Pada Wanita di Usia Dini

Banyak remaja sekitar 15-19 tahun sudah mengalami kehamilan dan harus menanggung risiko melahirkan di usia dini pada saat itu. Kehamilan di usia remaja sepertinya masih menjadi permasalahan yang sampai saat ini banyak terjadi, baik yang diinginkan maupun yang tidak diinginkan.

Berdasarkan data dari WHO, terdapat kurang lebih 16 juta wanita (usia 15-19 tahun) melahirkan anak setiap tahunnya. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa jumlah kehamilan pada usia dini cukup tinggi dan menyebabkan risiko yang tak kalah tinggi.

Apa Saja Risiko Melahirkan Usia Dini Bagi yang Mengalaminya?

risiko melahirkan usia dini

Hamil pada saat usia dini dapat meningkatkan risiko terganggunya kesehatan, baik pada ibu juga bayinya. Ini dapat terjadi karena secara biologis, tubuh belum siap untuk menjalani masa kehamilan dan melahirkan. Berikut ini adalah beberapa risiko melahirkan di usia dini yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada yang mengalaminya:

1. Berisiko Menderita Penyakit Kanker

Salah satu ancaman yang patut diwaspadai yang menjadi risiko dari melahirkan pada usia dini adalah menderita penyakit kanker. Hal ini juga menjadi hal yang selalu diperingatkan oleh para ahli melalui penelitiannya, bahwa adanya ancaman kanker akibat proses persalinan usia dini.
Riset para peneliti di Keck School of Medicine, University of Southern California (USC) mengindikasikan, perempuan yang melahirkan di bawah usia 25 tahun memiliki risiko besar mengidap kanker endometrium. Sebaliknya, perempuan yang melahirkan di atas usia 40 atau lebih mengalami penurunan risiko kanker endometrium sebesar 44 persen.

2. Bayi Terlahir Prematur

Kehamilan usia remaja yang menyebabkan bayi yang dikandung terlahir prematiur, di mana umumnya bay terlahir dengan berat badan lahir yang rendah karena sebenarnya ia belum siap untuk dilahirkan.

Selain itu, risiko melahirkan di usia dini ini juga dapat meningkatkan risiko bayi menderita gangguan pada sistem pernapasan, pencernaan, penglihatan, kognitif, dan masalah lainnya. Hal ini karena rahim wanita remaja belum siap dan akan rentan jika dipakai “menyimpan” janin dalam tubuhnya.

3. Mengalami Depresi Postpartum

Depresi postpartum adalah depresi yang terjadi setelah bayi lahir. Kondisi seperti ini sebetulnya bisa terjadi kapan saja, terutama di tahun pertama setelah kelahiran. Hal ini juga berbeda dengan baby blues, depresi postpartum adalah kondisi yang jauh lebih serius.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa wanita yang hamil di usia 15-19 tahun dua kali lebih berisiko mengalami depresi postpartum pascakelahiran dibandingkan wanita yang hamil di usia di atas 25 tahun.

Selain itu, penelitian lainnya jugamenyatakan bahwa menjadi seorang ibu di usia remaja akan lebih memicu stres yang sangat tinggi. Bahkan hal tersebut memberikan potensi adanya gangguan mental.

Yang Mesti Dilakukan Ketika Mengalami Kehamilan Usia Dini

yang dilakukan saat kehamilan usia dini

Supaya dapat mengurangi risiko dari melahirkan di usia dini yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Rutin memeriksakan kehamilan => Memeriksa kehamilan secara rutin dapat memantau kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.
  • Melakukan tes penyakit menular seksual =>  Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah ibu remaja mempunyai penyakit menular seksual atau tidak. Jika iya, dokter bisa menanganinya secepat mungkin.
  • Memenuhi nutrisi untuk ibu hamil => Selama kehamilan, ibu remaja membutuhkan nutrisi yang harus dipenuhi, seperti asam folat, kalsium, zat besi, protein, dan zat gizi penting lainnya untuk memenuhi kebutuhannya dan bayinya.
  • Jagakenaikan berat badan => kenaikan berat badan yang sesuai dapat meningkatkan kesehatan bayi. Jumlah kenaikan berat badan ibu hamil (khusus remaja) juga berbeda-beda satu sama lainnya.

 

2020-02-05T12:18:39+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!