Ikuti Program Pelatihan "Kesehatan Wanita : Mengapa Mudah Sakit dan Solusinya" - 7 Sept | "Kesehatan Reproduksi Wanita : Solusi Cepat Hamil " - 14 Sept | "Cara Membersihkan Organ Kewanitaan : Cara Benar Memakai Crystal X & Rose-V" - 21 Sept | - "Cara Mengatasi Keputihan : Kenali & Cegah" - 28 Sept | PT Natural Nusantara | Jl. Siliwangi No.72, Salakan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta | Konfirmasi hadir sehari sebelum hari H via WhatsApp ....

Sakit Perut Tanda Ibu Akan Segera Melahirkan

Memasuki fase akhir proses kehamilan, tentu Anda terkadang tidak sabar untuk menantikan buah hati yang setelah sembilan bulan terakhir ada di dalam rahim. Apalagi bagi ibu yang sedang menjalani kehamilan pertama, pasti belum bisa membedakan sakit perut biasa dengan sakit perut mau melahirkan pada saat itu.

Namun seperti yang telah Anda tahu bahwa pertanda yang paling jelas bagi serang ibu yang hendak melahirkan adalah terjadinya kontraksi pada perut yang mengakibatkan sakit di bagian sana. Selain itu, perlu Anda tahu pula bahwa sensasi kontraksi yang dirasakan oleh wanita  itu berbeda-beda.

Mengapa Terjadi Sakit Perut Mau Melahirkan?

sakit perut mau melahirkan

Ketika hendak melahirkan, Anda akan merasakan kontraksi di bagian perut yang kemudian menyebabkan perut Anda terasa sakit. Pada tahap tersebut, secara tidak langsung mulut rahim pun akan melebar secara perlahan-lahan. Melebarnya rahim pada saat merasakan sakit perut mau melahirkan bisa mencapai hingga 10 sentimeter.

Di bawah ini beberapa hal serta tanda yang dapat menyebabkan perut terasa sakit atau terjadi kontraksi saat ibu hendak melahirkan:

1. Posisi Bayi Sudah Turun dan Mulai Masuk ke Panggul

Apabila usia kandungan Anda sudah memasuki trisemester akhir, maka kemungkinan waktu kelahiran bayi pun semakin dekat. Biasanya hal yang terjadi pada masa itu adalah bayi yang adal dalam kandungan sudah mencapai posisi turun dan sudah masuk ke panggul.

Pada fase tersebut, bayi dalam kandungan Anda sedang mencoba memposisikan diri untuk mempersiapkan persalinan. American Pregnancy mengatakan, apabila bayi sudah memasuki fase tersebut maka aturlah napas hingga stabil supaya tidak terlalu terasa sesak.

2. Leher Rahim atau Serviks Mulai Terbuka Lebih Lebar

Sakit perut mau melahirkan juga disebabkan karena leher rahim ibu hamil mulai terbuka lebih lebar. Akan tetapi hal ini terjadi perlahan-lahan. Selain itu, pelebaran leher rahim biasanya diikuti dengan kontraksi yang teratur dan menyebabkan sakit di perut ibu hamil. Kemudian, pelebaran leher rahim biasanya mulai terjadi pada seminggu atau beberapa hari menuju proses kelahiran.

3. Sakit Perut Disertai Kram

Menjelang persalinan atau kelahiran anak yang Anda nantikan, Anda akan mengalami sakit perut serta kram pada bagian bawah perut. Selain itu, sakit perut tersebut akan disertai sakit punggung  dan paha yang juga tak tertahankan. Rasa sakit tersebut biasanya dikarenakan otot dan sendi tubuh sedang mengalami peregangan dan mulai bergeser untuk mempersiapkan kelahiran jabang bayi.

4. Air Ketuban Pecah

Hal yang umum yang biasanya terjadi ketika ibu hamil merasakan sakit perut mau melahirkan adalah pecahnya air ketuban. Adanya air ketuban yang pecah menandakan bahwa proses persalinan semakin dekat.

5. Persendian Lebih Lentur dari Biasanya

Tanda persalinan semakin dekat juga dapat ditandai dengan kondisi persendian yang lebih lentur. Hal ini dikarenakan pada saat Anda hendak bersalin, tubuh Anda pun akan memproduksi hormon relaksin yang dapat membuat ikatan sendi akan terasa lebih lunak dan membuat tubuh akan terasa lebih lentur.

6. Sering Buang Air Besar

Jika ini merupakan kehamilan pertama Anda, pastinya Anda akan menganggap bahwa sakit perut yang Anda rasakan hanya sakit perut biasa seperti hendak ingin buang air besar. Namun, sakit perut mau melahirkan pun dapat ditandai dengan seringnya buang air besar.

7. Kontarksi Semkin Rutin

Tanda-tanda persalinan makin dekat adalah terjadinya kontraksi yang semakin rutin dan sering terjadi. Kontraksi palsu biasanya hanya terjadi beberapa kali saja dalam beberapa jam, rasanya pun tidak terlalu sakit. Sedangkan kontraksi asli akan terjadi secara rutin dan sering. Durasinya pun semakin lama.

Karena tanda-tanda dekatnya persalinan setiap wanita berbeda-beda, masih banyak pula hal yang mengakibatkan sakit perut mau melahirkan yang bisa saja terjadi, seperti disertai nyeri di bagian selangkangan, menggigil, dan sebagainya.

2019-05-29T15:20:56+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian