Sejarah Pembalut untuk Wanita yang Harus Diketahui

Bagi semua wanita yang sudah baligh, pembalut merupakan salah satu benda wajib yang harus tersedia setiap bulannya. Hal ini karena pembalut merupakan benda yang akan digunakan ketika masa haid atau menstruasi datang. Namun, bagaimana dengan asal mula atau sejarah pembalut wanita itu sendiri? Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui perkembangan keberadaan pembalut  hingga sampai saat ini sehingga Anda pun mengetahui tips memilih pembalut yang tepat.

Sejarah Pembalut Wanita dan Perkembangannya

sejarah pembalut wanita

Apakah Anda tahu bahwa pemilihan pembalut juga ternyata akan memengaruhi siklus menstruasi sehingga pembalut yang tidak tepat akan menyebabkan siklus haid tidak lancar bahkan membuat nyeri haid.

Lalu bagaimana dengan sejarah pembalut wanita? Jika dilihat lagi dari sejarahnya, pembalut ini sudah digunakan sejak awal abad ke-10. Tepatnya pada masa Hypatia, di mana seorang ahli matematika dari Yunani diketahui melemparkan salah satu kainnya yang digunakan untuk melindungi diri dari darah menstruasi.

Pada awalnya wanita di masa tersebut menggunakan potongan kain bekas yang dilipat-lipat untuk menahan darah haid. Hingga,  ini membuat periode datang bulan tersebut juga dikenal sebagai periode on the rag (lipatan kain) di sana.

Selain itu, pada saat masa mentruasi tersebut para wanita juga mengenakan tampon yang dibuat dari lilitan kain-kain kecil atau bahan lainnya seerti dari lumut, kulit hewan, dan bahan yang lainnya.

Perkembangan Produksi Pembalut

sejarah pembalut wanita

Lalu, sejarah pembalut wanita pun berkembang, terutama pada masa Benjamin Franklin dan penemuannya – yang pada mulanya pembalut digunakan pada masa perang untuk menghentikan pendarahan bagi para tentara yang terluka. Hingga akhirnya, pembalut pun dikomersialkan dan digunakan oleh para wanita yang sedang datang bulan pada masa itu, tepatnya pada tahun 1896.

Di Amerika serikat itu sendiri pembalut pertama yang diproduksi yaitu dari merk Johnson and Johnson. Namun, produksi pembalut tersebut tidak memeberikan hasil yang sesuai dengan ekspetasi perusahaannya. Hal ini dikarenakan para wanita masih merasa takut untuk membeli produk pembalut tersebut.

Selain itu, hal yang menyebabkan produk pembalut tesebut gagal adalah karena pembicaraan soal menstruasi itu sendiri masih tabu dan jarang diperbincangkan. Mereka (para wanita yang sedang haid) seringkali menyembunyikan kondisinya.

Hal itu pun menyebabkan masih banyak wanita menggunakan lilitan kain untuk menangani darah menstruasi mereka. Juga harga pembalut pada masa itu masih tergolong mahal dan banyak yang tak mampu untuk membelinya.

Hingga pada tahun 1921, produk pembalut lain yang menggunakan pulp kayu pun muncul yang diberi merk Kotex. Kotex ini awalnya muncul ketika suster Perancis selama Perang Dunia  pertama mampu menyerap lebih banyak darah mens ketimbang kain.

Sejak pada masa tersebut akhirnya penggunaan pembalut mulai populer dan diminati. Awalnya pembalut ini berbentuk persegi panjang yang ditutup dengan lapisan penyerap. Bentuknya sangat panjang, tujuan untuk menjepit pembalut di dalam korset khusus atau sabuk.

Sementara itu, sekitar tahun 1970-an, pembalut dengan tambahan sayap mulai diperkenalkan. Kemudian, tahun 1978, produsen pembalut Proctor and Gamble pun menciptakan pembalut dengan inovasi penyerapan ekstra. Mereka menciptakan pembalut dari material ekstra di dalamnya yang menciptakan bentuk seperti bentuk gelas. Dalam perkembangannya, pembalut ini ditambahkan dengan strip perekat di bawahnya untuk merekatkannya pada celana dalam.

Desain yang ergonomis ini mulai berkembang pada tahun 1980-an dan populer hingga saat ini. Bahkan, dalam perkembangan sejarah pembalut wanita ini, produsen pembalut pun menggunakan berbagai metode dan juga teknologi anti-tembus dan anti-kerut dan lain sebagainya.

2019-06-13T19:30:37+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!