Latihan Kegel dan Beberapa Manfaatnya

Belakangan ini, melakukan aktivitas olahraga yang Anda sukai akan mendatangkan banyak manfaat. Namun, tahukah Anda bahwa ada salah satu jenis senam yang bisa mendatangkan keharmonisan rumah tangga? Tak lain adalah senam kegel – yang pada mulanya sebetulnya jenis senam yang satu ini hanya bertujuan untuk mengatasi gangguan otot yang terjadi pada tubuh.

Sejarah Senam Kegel yang Mesti Anda Tahu

sejarah senam kegel

Pada sekitar tahun 1940-an, seorang spesialis kandungan asal Amerika Serikat, yaitu dr Arnold Kegel, mengembangkan gerakan senam  yang pada akhirnya dikenal juga dengan sebutan seperti namanya “Kegel”. Lalu, seiring dengan  berjalannya waktu, jenis senam yang satu ini telah terbukti mampu mengatasi berbagai masalah seputar panggul dan organ intim.

Hal itulah yang membuat para dokter kandungan atau ahli urologi di seluruh dunia merekomendasikan gerakan-gerakan Kegel sebagai solusi untuk berbagai kondisi kesehatan, terutama yang menyangkut kesehatan organ reproduksi wanita  dan/atau organ intim seseorang.

Manfaat Senam Kegel

olahraga kegel

Setiap jenis kegiatan olahraga, pasti akan mendatangkan beberapa manfaat jika dilakukan dengan rutin dan terjadwal. Begitu pula dengan  jenis senam yang satu ini. Berikut merupakan beberapa manfaat dari senam kegekl yang bisa Anda dapatkan ketika melakukannya:

1. Merapatkan dan Mengencangkan Organ Intim Wanita (Miss V)

Salah satu cara untuk merapatkan dan mengencangkan Miss V di antaranya adalah dengan melakukan senam kegel. Olaraga senam yang satu ini bisa Anda lakukan setelah atau pasca persalinan, yang seperti Anda tahu pada saat itu kondisi Miss V sendiri akan melebar.

Senam yang satu ini dapat mengencangkan serta merapatkan Miss V hingga seperti sediakala jika dilakukan dengan rutin disertai pola hidup yang sehat lainnya. Selain untuk wanita yang selesai melahirkan, aktivitas senam seperti ini juga dapat dilakukan oleh wanita yang sedang beranjak pada fase atau masa menopause.

2. Mempercepat Pemulihan Kondisi Organ Intim Wanita Pasca Melahirkan

Selain untuk kembali merapatkan dan mengencangkan organ intim wanita, senam kegel juga dapat bermanfaat untuk mempercepat proses pemulihan kondisi Miss V setelah ia melahirkan. Selain itu, melakukan senam yang satu ini dapat membuat aliran darah yang mengalir ke area Miss menjadi lebih lancar.

Hal ini tentu saja sangat penting karena jika peredaran darah lancar, maka oksigen akan tersalurkan ke seluruh tubuh, termasuk menuju daerah organ kewanitaan. Apabila oksigen tersalurkan, maka nutrisi pun akan ikut tersalurkan sehingga proses pemulihan pasca melahirkan pun akan berlangsung lebih cepat. Hal itu pun akan ikut melakukan regenarasi sel dan jaringan pada Miss V yang rusak akibat episiotomi.

3. Memberikan Kelancaraan Pada Saat Proses Persalinan

Sangat disarankan pada setiap ibu hamil untuk melakukan senam kegel menjelang pesalinan secara rutin dan terjadwal. Hal ini dikarenakan olahraga senam tersebut dapat memberikan manfaat untuk kelancaran proses bersalin Anda.

Senam ini berfungsi untuk mengencangkan otot panggul, di mana otot panggul wanita hamil pun dapat menjadi lebih kuat dan elastis, sehingga bermanfaat membuka jalan lahir dan mencegah episiotomi.

Cara Melakukan Senam Kegel

Berikut ini adalah cara melakukan gerakan atau senam kegel yang harus Anda ketahui:

  • Mengatahui otot panggul bawah => dengan mencoba menahan keluarnya urine seperti saat menahan buang air kecil.
  • Mengosongkan kantung kemih => dengan posisi berbaring lalu kencangkan otot panggul bawah dan tahan hingga 5 detik, kemudian lepaskan (diulang 4-5 kali serta tingkatkan durasi dari 5 ke 10 detik).
  • Menghindari untuk mengencangkan otot perut, paha, dan bokong, dengan masih bernapas bebas.
2019-05-30T12:07:42+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!