Manfaat Melakukan Gerakan-Gerakan Pilates Secara Teratur

Apa Anda tahu seperti apa senam pilates dan bagaimana gerakan-gerakan yang dilakukan? Bagi orang awam gerakan jenis senam yang satu ini nyaris sama seperti gerakan yoga. Akan tetapi, ternyata kedua hal tersebut sama sekali berbeda. Dalam kata lain, pilates merupakan olahraga yang hampir sama dengan yoga, namun lebih modern.

Sejarah Senam Pilates

sejarah pilates

Pada awal abad ke-20 senam pilates mulai dikenal oleh banyak orang. Dinamai “pilates” karena berasal dari nama penemunya, yakni Joseph Hubert Pilates di mana ia adalah seorang ahli fisika asal Jerman. Ayah Pilates sendiri adalah seorang atlet gymnastik, sedangkan ibunya adalah seorang naturopati. Barangkali kedua hal itulah yang membuat seorang Pilates begitu karib dengan dunia kesehatan.

Ia mendalami banyak hal, terutama tentang berbagai latihan fisik  yang berasal dari Estern dan juga Western, temasuk jugaolahraga yoga. Hal itulah yang melatarbelakangi dirinya untuk menciptakan berbagai gerakan latihan yang kemudian akan mengembangkan sebuah sistem yang berasal dari pikiran manusia dengan kekuatan fisiknya. Ia pun mengatakan bahwa dalam diri manusia, kekuatan disik dan mental tak dapat dipisahkan satu sama lain.

Bagaimana Cara Melakukan Senam Pilates?

gerakan senam pilates

Perlu Anda ketahui bahwa dalam senam pilates ini, pusat garakannya ada pada perut. panggul, paha, dan punggung bagian bawah. Selain itu, olahraga senam yang satu ini pun tergolong aman untuk dilakukan oleh para pemula (low-impact).

Dalam melakukan senam yang satu ini, yang terpenting adalah adanya harmonisasi pikiran serta tubuh. Kemudian, pada tiap gerakan tersebut memang dirancang khusus untuk membuat otot lebih kuat sembari mengatur pola pernapasan. Olahraga yang satu ini memang terlihat sama dengan yoga, akan tetapi senam pilates adalah hal yang berbeda.

Manfaat dari Melakukan Gerakan-Gerakan Pillates

manfaat senam pilates

Manfaat dari senam pilates yang dilakukan secara teratur yang bisa Anda dapatkan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Melakak gerakan-gerakan tertentu jika tidak tepat terkadang membuat perubahan-perubahan pada postur tubuh Anda. Lalu seperti apa pola hidup yang salah? Misalnya melakukan beberapa aktivitas berat yang dapat mencederai otot dan tulang seperti mengangkat galon hingga terkilir, menggendong anak, naik-turun tangga, dan yang lainnya.

Tentu Anda menginginkan postur tubuh kembali normal bukan? Jika iya, melakukan gerakan-gerakan pilates akan mendatangkan manfaaat untuk bisa memperbaiki postur tubuh Anda yang telah berubah karena aktivitas tertentu.

Selain itu, postur tubuh yang buruk bisa menyebabkan berbagai gangguan, misalnya nyeri bahu atau nyeri punggung. Sementara itu, jika Anda melakukan senam yang satu ini akan melatih otot-otot punggung bawah, pinggul, perut, serta panggul yang menjadi pusat gravitasi tubuh, supaya organ-organ tersebut dapat bekerja secara harmonis dan sesuai dengan fungsinya.

2. Melatih Otot Tubuh

Kebanyakan olahraga senam akan bermanfaat untuk melath otot tubuh. Begitu pula senam pilates. Jika Anda sering merasakn nyeri pada saat melakukan gerakan-gerakan serta aktivitas tertentu, maka dapat dipastikan bahwa otot-otot tubuh tidak terbiasa melakukan latiahn (tidak terlatih).

Jika Anda rutin melakuakn gerakan-geraan senam yang satu ini, maka otot inti tubuh Anda pun akan terlatih. Selain itu, otot  pun akan lebih fleksibel, lebih kuat, jangkauan gerak otot lebih jauh, dan otot lebih kokoh.

3. Meningkatkan Kualitas Aktivitas Seksual

Bukan hanya berdampak pada kesehatan tubuh Anda, senam pilates yang dilakukan secara teratur juga dapat meningkatkan kualitas aktivitas seksual bersama pasangan dengan cara penguatkan otot panggul.

Selain itu, jika Anda sedang mencoba program kehamilan, maka otot dasar panggul juga dapat mempermudah proses persalinan pada saat Anda mengejan untuk melahirkan bayi dari perut.

2019-05-17T09:29:12+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!