Senam Zumba, Olahraga Gerak yang Menyenangkan

Apabila Anda mengaku sebagai pencinta olahraga senam, Anda pasti pernah mendengar istilah senam zumba yang tak asing dengan Zumba Dance yang begitu populer hingga saat ini. Perlu Anda ketahui bahwa zumba merupakan salah satu olahraga yang juga mengandalkan gerakan senam aerobic atau body language dengan tarian-tarian tertentu.

Tarian zumba banyak diminati karena terdapat gerakan-gerakan yang bervariatif yang diadobsi dari beberapa jenis tarian yang sangat terkanal. Contohnya seperti, hip-hop, samba, salsa, dan tarian lainnya.

Sejarah Senam Zumba

sejarah zumba

Jika Anda salah satu orang yang melakukan senam zumba, Anda pun harus mengetahui bagaimana sejarah zumba da tariannya itu sendiri.

Kata “zumba” itu diambil dari kosakata berbahasa Kolombia yang artinya adalah bersenang-senang dan bergerak capat. Gerakan-gerakan yang dilakukan pada jenis senam yang ini adalah merpakan serangkaian senam untuk melatih jantung dengan diiringi musik yang gerakannya mudah dilakukan.

Orang pertama yang mengenalkan senam zumba ini adalah Alberto ‘Beto’ Perez yang merupakan saah satu penari atau koreografer yang terkenal di Kolombia. Ia mengenalkan berbagai gerakan zumba sekitar tahun 1990-an.

Hingga saat ini, sudah ada 14 juta lebih orang di dunia yang ikut serta dalam kegiatan olahraga zumba dance tersebut. Meski dinilai lebih berat dari senam pada umumnya, tetapi tetap saja Zumba cukup digemari dan memiliki banyak peminat.

Manfaat yang Didapatkan dari Senam Zumba

manfaat senam zumba

Setiap gerakan yang ada pada olahraga yang satu ini sebetulnya dirancang untuk dilakukan berulang kali dengan cara menggerakkan sebagian besar otot tubuh. Sehingga hal tersebut akan bermanfaat melancarkan peredaran darah dan bisa mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh serta meningkatkan detak jantung. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari  Zumba:

1. Membantu Melancarkan Program Diet

Salah satu alasan mengapa senam zumba banyak diminati para kaum wanita adalah karena keefektifanya dalam membantu melancarkan program diet.

Apabila Anda sangat ingin melakukan program diet, Anda dapat melakukannya dengan cara melakukan gerakan-gerakan zumba dance. Pada saat Anda melakukan zumba maka secara otomatis intesitas lemak pun akan turun. Hal itu dikarenakan posisi  lemak berada pada pembakaran tubuh, maka kalori pun dengan sendirinya akan ikut terbakar. Maka, Anda pun dapat melakukan program diet Anda secara efektif.

2. Membuat Otot Tubuh Terasa Kencang Secara Keseluruhan

Dengan melakuakn olahraga zumba, Anda dapat membuat otot-otot yang ada pada tubuh Anda terasa kebih kencang secara menyeluruh. Hanya saja, jika Anda belum merasa terbiasa melakukannya, maka Anda akan merasa sakit pada bagain-bagian tubuh tertentu. Namun, hal tersebut pertanda baik karena menandakan bahwa otot-otot tubuh terlatih karena gerakan-gerakan yang dilakukan pada saat zumba dance.

3. Meningkatkan Rasa Bahagia

Zumba dance juga dapat meberikan rasa bahagia kepada orang yang melakukannya. Mengapa? Hal ini dikarenakan gerakan-gerakan pada  senam zumba dapat meningkatkan endorfin yang ada pada tubuh. Selain itu, latihan dalam senam zumba ini selalu tersenyum. Hormone tersebut pun mampu mencegah depressi dan stress. Sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan yang mempunyai tekanan.

4. Cocok untuk Semua Usia

Jenis senam yang satu ini sangat cocok dilakukan oleh barbagai kalangan di semua jenis usia karena tidak mengandalkan gerakan-gerakan yang sulit.

Selain itu, zumba dance sifatnya fleksibel sehingga akan cocok dilakukan oleh tiap kalangan usia. Biasanya, pada saat itu, latihan Anda akan dipecah kesejumlah kelompok. Misal untuk grup anak-anak, remaja, deawsa, dan manula. Hal inidicocokkan dengan keterampilan dan keperluan tubuh anda.

2019-05-16T17:00:18+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!